Basroni Wahid, 13144300026 (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MULTIPEL REPRESENTATIF SISWA KELAS VIII A MTS N 5 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2017/2018. Prodi PPKn Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (455kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII A MTs N 5 Kulon Progo melalui model pembelajaran Multipel Representatif tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah – langkah meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs N 5 Kulon Progo berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Multipel Representatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 65,37 dengan ketuntasan 27,27% meningkat pada siklus I dengan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar74,72 dengan ketuntasan 40,91% dan meningkat lagi pada siklus II dengan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 84,54 dengan ketuntasan 90,91%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multipel Representatif, Prestasi Belajar, dan PKn |
Subjects: | Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 07 Mar 2018 02:03 |
Last Modified: | 07 Mar 2018 02:03 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1683 |
Actions (login required)
View Item |