SYARIFUL ANAM, 15155140003 (2017) KOMPLEKSITAS UNSUR PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN SALAF ASRAMA PERGURUAN ISLAM TEGALREJO MAGELANG DAN PONDOK PESANTREN MODERN PABELAN MAGELANG (STUDI KOMPARASI). Pascasarjana MIPS Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (740kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan unsur pendidikan di Pondok Pesantren API Tegalrejo dan Pondok Pesantren Pabelan. 2) Menjelaskan proses pendidikan di Pondok Pesantren API Tegalrejo dan Pondok Pesantren Pabelan. 3) Menjelaskan perbandingan unsur pendidikan di Pondok Pesantren API Tegalrejo dengan Pondok Pesantren Pabelan. 4) Menjelaskan perbandingan proses pembelajaran di Pondok Pesantren API Tegalrejo dengan Pondok Pesantren Pabelan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang dan Pondok Pesantren Pabelan Magelang pada bulan Februari sampai April 2017. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah empat belas, dari masing-masing pondok pesantren berjumlah tujuh narasumber yang terdiri dari satu pimpinan pondok, tiga pengurus dan tiga santri. Data dikumpulkan melalui tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data ditentukan dengan cara triangulasi, yaitu membandingkan hasil wawancara pimpinan pondok, pengurus dan santri, dan membandingkan hasil wawancara dengan pengamatan yang dilakukan peneliti. Analisis data yang digunakan yaitu mengklasifikasikan data-data yang diperoleh, kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Pada masing-masing pondok pesantren memiliki unsur pendidikan yang sama akan tetapi dengan model pelaksanaan dan implementasi yang berbeda. 2) Proses pembelajaran yang dilaksanakan pada masing-masing pondok pesantren yaitu dengan sistem pembelajaran klasikal dengan didukung pembelajaran mandiri di bawah bimbingan pendamping kamar. 3) Unsur pendidikan yang terdapat di Pondok Pesantren API Tegalrejo sangat sederhana sesuai dengan model pendidikan di pondok pesantren salaf, sedangkan unsur pendidikan yang terdapat di Pondok Pesantren Pabelan lebih modern dan cendrung seperti unsur pendidikan yang terdapat di lembaga pendidikan formal. 4) Proses pembelajaran di pondok pesantren API Tegalrejo masih sangat mempertahankan tradisi pesantren, yaitu dengan materi 100% pendidikan agama dan hanya bersumber dari kitab kuning, sehingga metode dan peralatan yang digunakan tidak bisa mengikuti perkembangan. Sebaliknya yang terdapat di Pondok Pesantren Pabelan, karena materi pelajarannya sudah menggunakan kurikulum campuran maka pembelajaran yang berlangsung bisa mengikuti perkembangan yang terdapat di dunia pendidikan saat ini, peralatan sebagai media pembelajarannya sudah modern seperti penggunaan proyektor, internet dan berbagai ruang laboratorium.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompleksitas, Unsur Pendidikan, Pondok Pesantren |
Subjects: | Pendidikan > Aneka ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 14 Dec 2017 03:03 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 03:03 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1651 |
Actions (login required)
View Item |