Wakhid Yukrina Wanto, 11144300069 (2017) PERAN KEGIATAN BERZANJI UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEBUDAYAAN DAN KERUKUNAN MASYARAKAT DUSUN KEMIRI DESA DONOKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN DIY. Prodi PPKn Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (435kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui peran kegiatan berzanji dalam meningkatkan nilai kebudayaan di masyarakat Dusun Kemiri Desa Donokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman, 2) Untuk mengetahui manfaat kegiatan yang berzanji dalam menjaga kerukunan di masyarakat Dusun Kemiri Desa Donokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Penelitian dilakukan di Dusun Kemiri Desa Donokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman tahun 2015. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode kualitatif sebagai pendekatannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitiannya adalah Ketua Shalawat Berzanji, Sesepuh Shalawat Berzanji, Kepala Dusun Kemiri, Ketua RW 21 Dusun Kemiri, Ketua RT O6 Dusun Kemiri, dan anggota Sholawat Bezanji. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan kata-kata yang disusun dalam sebuah teks yang dideskrepsikan kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data sehingga dapat ditarik kesimpulan dan vertifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kegiatan berzanji memiliki peran dalam meningkatkan nilai kebudayaan di Dusun Kemiri Desa Donokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman dan memiliki peran dalam meningkatkan nilai kerukunan sesama warga di dusun tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesenian, Kerukunan, Kebudayaan |
Subjects: | Sosial > Adat Istiadat dan Kebiasaan, Etika, Sopan santun |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 25 Nov 2017 02:26 |
Last Modified: | 25 Nov 2017 02:26 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1631 |
Actions (login required)
View Item |