Meri Arsita, 13144600229 (2017) PERAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN KASIHAN BANTUL. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan apa yang digunakan oleh kepala sekolah dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Gaya kepemimpinan yang digunakan atau diterapkan oleh kepala sekolah adalah kepemimpinan yang Demokratis, (menurut kepala sekolah demokratis dan menurut 50 % guru demokratis) dan Gaya kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis dapat mengakibatkan kinerja guru Baik, (kinerja guru menurut guru 57 % baik, menurut siswa 54 % baik).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya kepemimpinan, Kinerja guru |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Guru/Tenaga Pendidik, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 04:58 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 04:58 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1602 |
Actions (login required)
View Item |