PERAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN KASIHAN BANTUL

Meri Arsita, 13144600229 (2017) PERAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN KASIHAN BANTUL. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan apa yang digunakan oleh kepala sekolah dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Gaya kepemimpinan yang digunakan atau diterapkan oleh kepala sekolah adalah kepemimpinan yang Demokratis, (menurut kepala sekolah demokratis dan menurut 50 % guru demokratis) dan Gaya kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis dapat mengakibatkan kinerja guru Baik, (kinerja guru menurut guru 57 % baik, menurut siswa 54 % baik).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan, Kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Guru/Tenaga Pendidik, Ahli Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 26 Oct 2017 04:58
Last Modified: 26 Oct 2017 04:58
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item