PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN HANDPHONE DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA

Widha Ari Nur Setyawan, 13144600113 (2017) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN HANDPHONE DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (564kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) intensitas penggunaan handphone siswa kelas V SD Se-Kecamatan Kraton Yogyakarta. (2) pergaulan teman sebaya siswa kelas V SD Se-Kecamatan Kraton Yogyakarta. (3) motivasi belajar siswa kelas V SD Se-Kecamatan Kraton Yogyakarta. (4) pengaruh intensitas penggunaan handphone terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Se-Kecamatan Kraton Yogyakarta.(5) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Se-Kecamatan Kraton Yogyakarta. (6) pengaruh intensitas penggunaan handphone dan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Se-Kecamatan Kraton Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Se-kecamatan kraton Yogyakarta. Populasi penelitian ini sebanyak 315 siswa setelah diambil menggunakan rumus slovin dan menggunakan teknik ramdom sampling diperoleh sampel 176 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data digunakan regresi dua predictor, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas,linieritas, dan multikolinieritas. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) intensitas penggunaan handphone berada di kategori sedang (60,79%). (2) pergaulan teman sebaya berada di kategori tinggi (80,11%). (3) motivasi belajar siswa berada di kategori tinggi (79,54%).(4) ada pengaruh negatif yang signifikan intensitas penggunaan handphone terhadap motivasi belajar siswa (t = -7,825; sig = 0,000 < 0,05), (5) ada pengaruh positif yang signifikan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa (t = 13,469; sig =0,000 < 0,05), (6) ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara intensitas penggunaan handphone dan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa (f = 101,825; sig 0,000 < 0,05).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Intensitas Handphone, Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kemauan: motivasi, brainwashing, persuasi
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 21 Oct 2017 02:19
Last Modified: 21 Oct 2017 02:19
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item View Item