IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PENJASORKESPADA KELAS IV DI SD N SURYODININGRATAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Dwi Lestariningsih, 13144600096 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PENJASORKESPADA KELAS IV DI SD N SURYODININGRATAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DWI LESTARININGSIH.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab dalam mata pelajaran Penjasorkes, peran guru penjasorkes dalam pelaksanaan pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab, dan mengetahui faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab dalam mata pelajaran Penjasorkes pada kelas IV di SD N Suryodiningratan I Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2017 di SD N Suryodiningratan I Yogyakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif fenomenologis naturalistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Wawancara dilakukan pada guru penjasorkes,kepala sekolah, dan siswa kelas IVdengan tujuan untuk mendapat data berupa implementasi pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab dalam mata pelajaran penjasorkes pada kelas IV di SD N Suryodiningratan I Yogyakarta. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi nilai disiplin pada perencanaan berupa RPP berkarakter dan adanya format observasi afektif. Pada pelaksanaan pembelajaran nilai disiplin berupa disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin menjalankan ibadah, dan disiplin mengontrol perilaku. Nilai tanggung jawab berupa berani menanggung risiko atas tindakan dan ucapan, memenuhi kewajiban diri, dan mengemban kepercayaan orang lain atau dapat dipercaya. Pada evaluasi berupa nilai sikap, psikomotor, kognitif, dan “flash back”.Peran guru yaitu menggunakan berbagai strategi penanaman, memenuhi tanggung jawab sebagai guru, guru sebagai teladan, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, dan guru sebagai evaluator.Faktor penghambat pelaksanaan nilai disiplin dan tanggung jawab, yaitu dari diri siswa dan keluarga atau orang tua dengan upaya mengatasi melalui pendekatan guru dengan siswa, kerjasama guru dengan wali kelas, dukungan kepala sekolah, serta kejasama dan komunikasi sekolah dan orangtua.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, nilai disiplin, nilai tanggung jawab, mata pelajaran penjasorkes, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:44
Last Modified: 18 Oct 2017 02:44
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item