Anggraeni Puspa Jati, 13144600264 (2017) PENGARUH INTENSITAS MENONTON TELEVISI DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN NGLUWAR MAGELANG. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL ANGGRAENI PUSPA JATI.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui intensitas menonton televisi siswa, intensitas penggunaan internet siswa, pengaruh intensitas menonton televisi terhadap prestasi, pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap prestasi, dan pengaruh intensitas menonton televisi dan penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini adalah normalitas, linearitas, dan multikolinieritas. Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori intensitas menonton televisi siswa agak tinggi dan kategori intensitas penggunaan internet siswa agak rendah. Terdapat pengaruh tetapi tidak signifikan antara intensitas menonton televisi dengan prestasi belajar, terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari intensitas penggunaan internet terhadap prestasi belajar, terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara intensitas menonton televisi dan penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas, televisi, internet, prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 03:53 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 03:53 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1574 |
Actions (login required)
View Item |