IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SD BUDI MULIA DUA SEDAYU BANTUL

Refi Swandar, 13144600008 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SD BUDI MULIA DUA SEDAYU BANTUL. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di bulan Juli-Agustus 2017 di SD Budi Mulia Dua Sedayu Bantul. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru agama, guru kelas dan siswa di SD Budi Mulia Dua Sedayu Bantul. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pendidikan karakter religius yang dilakukan guru di sekolah yaitu melalui keteladanan dilakukan dengan guru memberikan contoh, pengertian, nasihat kepada siswa, pembelajaran dilakukan dengan guru mengaitkan materi dengan aspek religius, pemberdayaan dan pembudayaan dilakukan dengan penerapan tata tertib sekolah dan kegiatan ekstrakulikuler, penguatan dilakukan dengan guru memberikan pengertian, pujian dan motivasi siswa,dan penilaian dilakukan dengan mengamati sikap siswa. Faktor pendukungnya yaitu dari diri siswa, kebiasaan, lingkungan sekolah dan sarana prasarana sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu diri siswa, peran orang tua dan sarana prasarana sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendidikan karakter, religius
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 09 Oct 2017 03:30
Last Modified: 09 Oct 2017 03:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item View Item