HUBUNGAN TINGKAT ADIKSI PENGGUNAAN APLIKASI JEJARING SOSIAL TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SD SEGUGUS I KECAMATAN SEDAYU BANTUL YOGYAKART

EVY KUMALA RISTIYANI, 13144600266 (2017) HUBUNGAN TINGKAT ADIKSI PENGGUNAAN APLIKASI JEJARING SOSIAL TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SD SEGUGUS I KECAMATAN SEDAYU BANTUL YOGYAKART. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL EVY KUMALA RISTIYANI.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif model survey. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Segugus I Kecamatan Sedayu, pada tahun ajaran 2016/2017. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Angket yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala Likert. Teknik analisis menggunakan analisis statistik inferensial dengan menggunakan korelasi product moment . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hubungan yang terjadi antara kedua variabel adalah signifikan, tingkat adiksi penggunaan aplikasi jejaring sosial terhadap kecerdasan emosional siswa memiliki hubungan yang signifikan. (2) Nilai r hitung yang dihasilkan yaitu sebesar -0.448. Sehingga, arah hubungan antara tingkat adiksi penggunaan aplikasi jejaring sosial terhadap kecerdasan emosional adalah negatif. Jadi, apabila tingkat adiksi penggunaan aplikasi jejaring sosial sangat tinggi, maka kecerdasan emosionalnya sangat rendah begitu pula sebaliknya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Adiksi, Jejaring Sosial, Kecerdasan Emosional
Subjects: Psikologi > Psikologi diferensial dan perkembangan > Psikologi Anak
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 07 Oct 2017 03:06
Last Modified: 07 Oct 2017 03:06
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item