PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-KECAMATAN KASIHAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Rulli Agustiyani, 12144600081 (2017) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-KECAMATAN KASIHAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Kasihan tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 275 siswa yang dipilih secara proporsional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V SD se-Kecamatan Kasihan tahun pelajaran 2016/2017, dengan diperoleh Fhitung= 30,446 dengan p = 0,000 < 0,05 dan thitung = 13,068 dengan p = 0,000 < 0,05. Artinya semakin baik pengelolaan kelas maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Demikian juga sebaliknya semakin kurang pengelolaan kelas maka semakin rendah motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar IPS pada siswa kelas V akan memberikan wawasan dan pandangan bagi guru, orang tua dan sekolah dalam mewujudkan peningkatan semangat siswa yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 05 Oct 2017 02:27
Last Modified: 05 Oct 2017 02:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item View Item