IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD KARANGJATI TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL PADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RIZKI DWI PUTRA, 13144600073 (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD KARANGJATI TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL PADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan atau narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, karyawan, dan komite sekolah di SD Karangjati Tamantirto Kasihan Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan keabsahan data yang terdapat dalam triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menurut (Miles dan Huberman, 2009: 20) yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Implementasi manajemen berbasis sekolah di SD Karangjati Tamantirto Kasihan Bantul pada tahun pelajaran 2016/2017 telah terlaksana dengan baik, sehingga berdampak pada peningkatan kinerja guru dan prestasi belajar siswa. Pada setiap manajemen bidang telah dibentuk penanggungjawab oleh kepala sekolah, sehingga masing-masing manajemen komponen sekolah dapat dikelola secara maksimal. Adapun manajemen komponen sekolah sebagai berikut: manajemen kurikulum dan program pengajaran, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan dan pembiayaan, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat, dan manajemen layanan khusus (manajemen perpustakaan, manajemen kesehatan (UKS), dan manajemen keamanan sekolah). Faktor pendukung dalam implementasi (MBS) diantaranya: tenaga kependidikan sudah lengkap, seluruh guru turut berperan aktif dalam pelaksanaan program sekolah, keuangan sekolah lancar, sarana dan prasarana sudah lengkap dan memadai, hubungan sekolah dengan masyarakat baik. Faktor penghambat dalam implementasi (MBS), diantaranya: adanya penambahan jumlah siswa satu kelas sehingga terbatasnya ruangan kelas dan guru, banyak guru yang memiliki kegiatan diluar kepentingan sekolah, tidak semua guru mengetahui seperti apa dan bagaimana pelaksanaan MBS yang baik di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 05 Oct 2017 02:10
Last Modified: 05 Oct 2017 02:10
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item