Ridho Saputra, 11144600019 (2015) PERAN GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN HIDUP SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KEDUNG BENDA KEMANGKON PURBALINGGA. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel Ridho Saputra (11144600019).pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran guru PKn dalam meningkatkan kesadaran lingkungan hidup siswa kelas IV SD Negeri 3 Kedung Benda, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti yaitu Siswa kelas IV SD Negeri 3 Kedung Benda. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan model Miles and Huberman terdiri dari: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peran guru sangat mempengaruhi sikap peduli siswa terhadap lingkungannya yaitu: siswa menjadi lebih hemat akan sumber daya yang ada, seperti lebih hemat dalam menggunakan air, mencegah pencemaran udara dengan menanam pohon di sekitar sekolah dan rumah, mencegah pencemaran air dengan tidak membuang sampah di sungai, mencegah pencemaran tanah dengan membuang sampah pada tempatnya, dan yang terahir adalah hemat energi melalui pemanfaatan listrik dengan sewajarnya yaitu mematikan lampu di siang hari, dan tidak menonton televisi hingga larut malam. Serta hemat dalam penggunaan kertas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PKn, Kesadaran Lingkungan Hidup |
Subjects: | Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah dasar, PGTK, Play Group Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar Biologi, Ilmu hayat > Ekologi; hubungan organisme dengan lingkungan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 02:42 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 03:28 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/152 |
Actions (login required)
View Item |