SISTEM PEMBACA KARTU PELAJAR SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK SEBAGAI MONITORING KEGIATAN SISWA MENGGUNAKAN BARCODE BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 16

Kuncoro Kresno, Program Studi Teknik Informatika, Universitas PGRI Yogyakarta (2017) SISTEM PEMBACA KARTU PELAJAR SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK SEBAGAI MONITORING KEGIATAN SISWA MENGGUNAKAN BARCODE BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 16. In: SEMINAR NASIONAL Dinamika Informatika 2017 Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
54.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Sistem Pembaca Kartu Pelajar ini berfungsi sebagai monitoring kegiatan siswa SMK Muhammadiyah 1 Patuk. Didalam kartu pelajar dibuat barcode yang sederhana yang akan dibaca oleh pembaca kartu. Sistem ini menggunakan Mikrokontroller Atmega 16 sebagai pembaca data barcode dan pengkonversiannya. Personal Computer (PC) merupakan salah satu alat bantu yang digunakan untuk merealisasikan alat tersebut. Perangkat lunak yang terdapat pada PC ini berfungsi untuk menerima data, mengkonfirmasi data, dan menyimpan. Perangkat lunak ini menggunakan Microsoft Visual Studio 2010. Untuk membangun suatu jaringan komunikasi antara PC (master) dan mikrokontroller Atmega 16 digunakan standar Ethernet Wiznet 110SR sebagai sarana komunikasinya dan memungkinkan dibentuknya suatu jaringan komunikasi dengan beberapa mikrokontroller dan IC MAX232 merupakan komponen trensceivernya. Berdasarkan pengujian alpha, menunjukkan bahwa sistem yang dibangun mudah digunakan, dan sangat membantu dalam memonitoring kegiatan siswa. Berdasarkan pengujian black box test sistem dapat membaca kartu pelajar untuk disimpan dan ditampilkan ke computer server sebagai monitoring.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembaca Kartu, IC max232, Wiznet 110SR , Mikrokontroller Atmega 16
Subjects: Komputer > Pemrograman/ rekayasa perangkat lunak
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 07 Sep 2017 03:12
Last Modified: 07 Sep 2017 03:12
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1489

Actions (login required)

View Item View Item