PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN ETIKA BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS BAGI REMAJA DI GEMAHAN RINGINHARJO BANTUL

Nafisah Endahati, M.Hum., Pend. Bahasa Inggris UPY (2017) PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN ETIKA BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS BAGI REMAJA DI GEMAHAN RINGINHARJO BANTUL. Prodi Pendidikan Bahasa Ingris UPY.

[img]
Preview
Text
pengabdian repository Nafisah.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan khusus mengenai komunikasi sehari-hari dalam bahasa Inggris menggunakan unsur bahasa yang baik dan benar sesuai dengan tata aturan dan etika kebahasaan.Oleh karena itu, pelatihan penggunaan ekspresi kebahasaan atau kalimat yang sesuai dengan etika berkomunikasi perlu diberikan sebagai tambahan pengetahuan bagi para siswa remaja tersebut agar mereka mampu berkomunikasi dalam percakapan sehari-hari dengan etika yang baik. Target khusus yang dalam pengabdian ini adalah terhadap remaja masjid Nurul Amanah yang sebagian besar adalah siswa sekolah menengah pertama dan atas di wilayah sekitar Bantul. Metode pelaksanaan pengabdian yang akan diaplikasikan adalah dengan memberikan pelatihan kepada para remaja. Pelatihan ini meliputi pelatihan etika berkomunikasi lisan dan tulisan terutama dalam bahasa Inggris.Pelatihan etika berkomunikasi secara lisan disajikan melalui praktek langsung pengabdi bersama para remaja.Pelatihan etika berkomunikasi tertulis juga dilaksanakan melalui praktik terutama etika berkomunikasi melalui telepon genggam.Telepon genggam digunakan sebagai alat berkomunikasi yang lazim digunakan oleh para remaja. Dengan demikian, para remaja akan mempunyai bekal pengetahuan etika berkomunikasi yang baik secara lisan maupun secara tertulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan secara berurutan. Hal ini perlu dilakukan agar terjadi kesinambungan dalam proses pemahaman. Pelatihan etika berkomunikasi secara lisan dan tulisan dilaksanakan sekali dengan tujuan memberikan pengertian dan sekilas teori dan contoh-contoh tentang etika berkomunikasi.Selanjutnya diadakan pendampingan sebanyak dua kali.Pendampingan dilaksanakan secara individual agar pemahaman etika berkomunikasi dapat terserap dan diaplikasikan dengan baik oleh peserta.Hasil yang dicapai dari pelatihan dan pendampingan tersebut adalah meningkatnya pemahaman etika komunikasi lisan dan tulis terutama dalam penggunaan media social.Selain itu antusias peserta sangat baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: etika berkomunikasi, bahasa Inggris, pelatihan, pendampingan
Subjects: Bahasa > Pendidikan dan Penelitian Bahasa
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:33
Last Modified: 26 Jul 2017 03:33
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item