PENDAMPINGAN DAN PEMBIMBINGAN PELAFALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA AUDO VISUAL PADA SISWA SMP DI DUSUN GEMAHAN RINGINHARJO BANTUL

Sri Wiyanah, S.Pd., M.Hum., Prodi. PBI UPY (2017) PENDAMPINGAN DAN PEMBIMBINGAN PELAFALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA AUDO VISUAL PADA SISWA SMP DI DUSUN GEMAHAN RINGINHARJO BANTUL. Prodi PBI UPY.

[img]
Preview
Text
artikel pengabdian_Sri Wiyanah PBI.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pembimbingan dan pelatihan kepada siswa SMP di dusun Gemahan Ringinharjo Bantul dalam melafalkan kosakata dalam bahasa Inggris dengan menggunakan media audio visual. Siswa SMP telah mempelajari bahasa Inggris disekolah sesuai dengan Peraturan Pemerintah melalui menteri Pendidikan dan kebudayaan yaitu bahwa bahasa Inggris dipelajari sebagai salah satu bidang studi pada tingkat SMP maupun SMA. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa tidak mempelajari secara specifik bagaimana pelafalan kosakata secara tepat sesuai dengan kaidah pengucapan. Pada umumnya, pengajaran bahasa Inggris hanya menekankan pada kemampuan menjawab soal dengan benar tanpa mempelajari cara melafalkan bunyi sebuah kata dalam bahasa Inggris yang disebut sebagai pelafalan (pronunciation). Pelatihan dalam pelafalan kosakata dalam bahasa Inggris perlu diberikan untuk meningkatkan ketrampilan siswa dalam belajar bahasa Inggris terutama untuk ketrampilan berkomunikasi dengan benar sesuai kaidah bahasa dan dimengerti oleh lawan bicara. Karena kesalahan dalam pelafalan kosakata mengakibatkan kegagalan paham pada siswa dalam memahami arti dan keraguan dalam pengucapan pada proses pembelajaran bahasa Inggris. Target khusus pada pengabdian ini adalah peningkatan ketrampilan pelafalan kosakata dalam bahasa Inggris untuk meminimalisir kesalahan pengucapan sebagai dasar penguasaan belajar bahasa Inggris dalam berkomunikasi untuk siswa SMP di Dusun Gemahan. Pengabdian ini menggunakan metode berupa pendampingan dan pembimbingan secara efektif dalam melafalkan kosakata dalam bahasa Inggris dengan menggunakan media audio visual. Proses pelaksanaan pengabdian meliputi pembimbingan pelafalan kosakata dengan teknik pengenalan berbagai simbol simbol dalam tanda garis miring (Phonetics Transcription) dan pengenalan bunyi bunyi yang memiliki perbedaan yang sangat tipis sehingga sulit diinterpretasi ketika diucapkan oleh bukan penutur asli (non native speaker). Pelatihan juga dilakukan dengan metode pengulangan (drill) dalam proses malafalkan bunyi kosakata dalam bahasa Inggris. Kemudian dilanjutkan dengan penggunaan pelafalan yang tepat dalam memproduksi sebuah kalimat atau ekspresi. 2 Pendampingan dan pembimbingan dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama adalah pengenalan dan pelatihan pelafalan kosakata bahasa Inggris dengan tujuan memberikan motivasi pada peserta dan juga mengenalkan beberapa teknik pelafalan beberapa kosakata yang paling dasar dan ekpresi greeting. Tahap kedua adalah pembimbingan dan pendampingan kepada para peserta sebagai tindak lanjut pada pelatihan ayang diselenggarakan sebelumnya berupa teknik pelafalan kosakata dan leave taking. Peserta melakukan beberapa hal seperti melatih pengucapan, menggunkan dalam kalimat, drilling dan menggunakan beberapa koasakata untuk digunakan dalam berkomunikasi dengan menggunakan ekpresi leave taking. Selanjutnya, peserta mengerjakan evaluasi berdasarkan apa yang sudah dipelajari. Hasil yang dicapai adalah peningkatan kemampuan siswa SMP dalam belajar melafalkan kosakata dalam bahasa Inggris.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelafalan kosakata, Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 22 Jul 2017 06:18
Last Modified: 22 Jul 2017 06:18
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item