EMI SUSANTI, 14233130003 (2017) ANALISIS KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD DI SMA N 3 YOGYAKARTA. Prodi Akuntansi UPY.
|
Text
Artikel.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SMA N 3 Yogyakarta yang merupakan salah satu organisasi sektor publik dalam bidang pendidikan. Analisa data menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu peneliti melakukan pengumpulan data yang terdiri dari data keuangan dan nonkeuangan, kemudian mengolah data, menganalisis data dan mengambil kesimpulan. Dengan menggunakan skala likert pada interval 1-5 diperoleh nilai akhir dari kinerja SMA N 3 Yogyakarta berdasarkan empat perspektif balanced scorecard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada perspektif keuangan, kinerja keuangan berdasarkan value for money (ekonomis, efektif, efisien) menunjukkan nilai 80% dengan kategori baik; 2) pada perspektif pelanggan, berdasarkan lima dimensi (tangibility, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) diperoleh nilai 90% dengan kategori sangat baik; 3) pada perspektif proses bisnis internal, hasil pengukuran dengan melihat aspek inovasi, operasi, dan layanan purna jual/alumni menunjukkan hasil penilaian sebesar 94% dengan kategori sangat baik; 4) pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, dari tiga indikator, yaitu tingkat kepuasan pegawai, tingkat kemampuan sistem informasi dan tingkat iklim organisasi diperoleh hasil nilai 80 % dengan kategori baik. Secara keseluruhan nilai kinerja SMA N 3 Yogyakarta menunjukkan skor 80 atau 88,9 % dari total skor 90. Skor tersebut berada pada skala 76 – 90 dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran kinerja, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan |
Subjects: | Akuntansi > Akuntansi Keuangan |
Divisions: | Fakultas Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 04 Jul 2017 04:54 |
Last Modified: | 04 Jul 2017 04:54 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1405 |
Actions (login required)
View Item |