PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

AULIA RATRI CONSTANTY, 13233130004 (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA. Prodi Akuntansi UPY.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional menggunakan indikator berupa pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Tingkat pemahaman akuntansi menggunakan indikator berupa nilai rata – rata dari 11 mata kuliah akuntansi. Penelitian menggunakan 113 sampel data dari mahasiswa jurusan akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling berupa purposive sampling dan convenience sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer yaitu SPSS, berupa statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan nilai sig variabel pengenalan diri sebesar 0,458. Hasil sig variabel pengendalian diri sebesar 0,463. Nilai sig variabel motivasi sebesar 0,917. Nilai sig variabel empati sebesar 0,843. Nilai sig variabel keterampilan sosial sebesar 0,812. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai sig dari masing – masing variabel memiliki nilai lebih besar dari 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial secara parsial tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, tingkat pemahaman akuntansi, pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial
Subjects: Psikologi > Psikologi Terapan
Akuntansi
Divisions: Fakultas Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 03 Jun 2017 01:42
Last Modified: 03 Jun 2017 01:42
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item