EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GAME PETUALANGAN SI BOLANG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA KELAS V SD DI KECAMATAN KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Melan Kusumandari, 11144600077 (2015) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GAME PETUALANGAN SI BOLANG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA KELAS V SD DI KECAMATAN KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL MELAN KUSUMANDARI.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan efektivitas antara media pembelajaran game petualangan Si Bolang dan media gambar dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V SD di Kecamatan Kasihan Bantul tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan bentuk posttest-only control design, sebagai sampel siswa kelas VB sebanyak 29 siswa dan VC sebanyak 24 siswa SD N 2 Padokan, serta kelas VA sebanyak 23 siswa dan kelas VB sebanyak 16 siswa SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Pendekatan statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik deskriptif dan statistik non-parametrikMann-whitney u-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan antara yang diajar menggunakan media game petualangan Si Bolang dan yang diajar menggunkan media gambar, dengan hasil Mann-whitney u-test sig = 0,774 > 0,05. Sedangkan dalam motivasi belajar, ada perbedaan yang signifikan, dengan hasil Mann-whitney u-test sig = 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai rata-rata prestasi pendidikan kewarganegaraan, kelas yang diajar dengan media game petualangan Si Bolang lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan media gambar, yaitu 93,64 > 93,25. Nilai rata-rata motivasi belajar kelas yang diajar dengan media game petualangan Si Bolang lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan media gambar, yaitu 33,32 > 24,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa media game petualangan Si Bolang lebih efektif meningkatkan prestasi dan motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V SD di Kecamatan Kasihan tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media game, prestasi, motivasi
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:09
Last Modified: 25 Jan 2016 04:09
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item