UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD N 2 JLEGIWINANGUN KUTOWINANGUN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Anas Mudhanatun, 11144600001 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD N 2 JLEGIWINANGUN KUTOWINANGUN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk memecahkan masalah dan mencari solusi dari permasalahan yang ada di kelas III. Permasalahan yang ada di kelas tersebut adalah rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi. Solusi yang dipilih untuk memecahkan masalah di kelas III adalah dengan penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis. Jadi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada di kelas tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang terdiri dari 15 siswa. Penelitian dilakukan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas III SD N 2 Jlegiwinangun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas III SD N 2 Jlegiwinangum. Dilihat dari nilai pra siklus ditemukan siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 8 siswa. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I persentase ketuntasan siswa sebesar 66,67% dan siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 10 siswa. Kemudian pada tindakan siklus II persentase ketuntasan siswa meningkat lagi yaitu sebesar 80% dan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 12 siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar pada pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas III SD N 2 Jlegiwinangun Kutowinangun Kebumen dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, dan Media Gambar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:03
Last Modified: 25 Jan 2016 04:03
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item