Ganung Anggraeni, Prodi PGSD, FKIP, UPY PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI. Univ PGRI Yogyakarta.
Text
LAPORAN AKHIR_MakeaMatch_REVISI (1).pdf Download (187kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas dilaskankan selama 2 siklus secara berkelanjutan. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 4A dan kelas 4B, masing-masing berjumlah 25 siswa dan kelas 4B berjumlah 27 siswa. Hasil pelaksanaan siklus 1 terlihat, diskusi yang dilakukan tidak dapat berjalan menyeluruh karena jumlah para siswa dalam kelompok tergolong besar. Di samping itu, usaha mencari teman terkesan cenderung mengikuti teman sebangkunya. Dengan demikian, ketrampilan kolaborasi para siswa masih perlu ditingkatkan dengan strategi lain sehingga akan menambah keberanian para siswa untuk berkolaborasi. Secara ketrampilan komunikasi para siswa saat terbagi menjadi 2 kelompok dalam 1 kelas, pembacaan pesan atau pertanyaan dari siswa tidak dapat dilakukan untuk seluruh siswa dan hanya dilakukan oleh siswa yang sangat aktif (salah satu siswa dari kelompok tersebut). Selain itu, pembacaan pesan atau pertanyaan tersebut belum dilakukan dengan intonasi yang keras atau dapat dipahami oleh seluruh siswa dalam kelompoknya
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | BKD |
Divisions: | BKD |
Depositing User: | Mrs. Ganung Anggraeni |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 01:02 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 01:02 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/13230 |
Actions (login required)
View Item |