PENGARUH PEMBINAAN PESERTA, KOMPETENSI PESERTA, DAN DESAIN PELATIHAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELATIHAN DI LPK PACIFIC MARINE SCHOOL YOGYAKARTA

WIDI SARI DEFI, 13133200088 (2017) PENGARUH PEMBINAAN PESERTA, KOMPETENSI PESERTA, DAN DESAIN PELATIHAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELATIHAN DI LPK PACIFIC MARINE SCHOOL YOGYAKARTA. Prodi manajemen UPY.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di LPK Pacific Marine School Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para peserta pelatihan di LPK Pacific Marine School dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden dari tahun 2015 - 2016, dengan menggunakan teknik sampling jenuh karena jumlah populasi kurang dari 100. Teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Adapun data yang terkumpul diuji dan dianalisis menggunakan program SPSS versi 16.0 for windows, uji instrumen diuji dengan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dengan uji t dan uji F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Pembinaan Peserta terhadap Efektivitas Pelatihan dengan pengaruh positif sebesar 0,671 dan memiliki tingkat signifikan sebesar 0,024 pada alpha 0,05; terdapat pengaruh antara Kompetensi Pelatihan terhadap Efektivitas Pelatihan dengan pengaruh positif sebesar 0,941 dan memiliki tingkat signifikan sebesar 0,000 pada alpha 0,05; terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Desain Pelatihan terhadap Efektivitas Pelatihan dengan pengaruh positif 0,929 dan memiliki tingkat signifikan sebesar 0,000 pada alpha 0,05; serta terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara Pembinaan Peserta, Kompetensi Peserta, Desain Pelatihan terhadap Efektivitas Pelatihan dengan berpengaruh positif sebesar 77.730 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 pada tingkat signifikan < 0,05. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) sebsesar 0,824 artinya persentase sumbangan pengaruh antara Pembinaan Peserta, Kompetensi Peserta, Desain Pelatihan terhadap Efektivitas sebesar 82,4% dan sisanya sebesar 17,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dan dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Peserta, Kompetensi Peserta, Desain Pelatihan, Efektivitas Pelatihan
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 08 Apr 2017 04:13
Last Modified: 08 Apr 2017 04:13
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item