BURHAN BOLI BIRANG, 11144300064 (2017) PERANAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI MEDIA TRANSFORMASI PENDIDIKAN NASIONAL. Prodi PPKn UPY.
|
Text
Artikel.pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1. Untuk Mengeahui Peranan Pendidikan Mulikultural Sebagai Media Tranformasi Pendidikan Nasional di Madrasah Aliyah Swasta Hayatul Islam Baranusa, Kecamatan Pantar Barat, Kabupaten Alor, Propinsi NTT. 2. Untuk Mengetahui Konsep Pendidikan Multikultural Sebagai Media Tranformasi Pendidikan Nasional di Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Hayatul Islam Baranusa, Kecamatan Pantar Barat, Kabupaten Alor, Propinsi NTT. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di Madrasyah Aliya Swasta Hayatul Islam Baranusa, Kecamatan Pantar Barat, Kabupaten Alor, Propinsi NTT. Teknik pengumpulan data yang dilakukan antara lain: observasi, wawancara kepada 5 orang dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi atau meringkas data yang diperoleh, kemudian dengan menyajikan data yang mempunyai hubungan dengan judul. Keabsahan data menggunakan trianggulasi dengan cara menguji pemahaman yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Peranan Pendidikan Multikultural Sebagai Media Transformasi Pendidikan Nasional Studi kasus di Madrasyah Aliya Swasta Hayatul Islam Baranusa a). Sekolah merupakan lembaga pendidikan menujang pendidikan nasional Untuk mewujudkan multikultural dalam dunia pendidikan, maka pendidikan multikultural juga perlu dimasukkan ke dalam kurikulum nasional, yang pada akhirnya dapat menciptakan tatanan masyarakat Indonesia yang multikultural, serta upaya-upaya lain yang dapat dilakukan guna mewujudkannya. pendidikan multikultural di dunia pendidikan diyakini dapat menjadi solusi nyata bagi konflik dan disharmonisasi yang terjadi di masyarakat Indonesia yang secara realitas plural. b). Terlaksananya pendidikan multikultral sebagai pendidikan nasional apabila guru mampu mentrasferkan tentang bagaimana pendidikan kultural yang ada di Indonesia. 2). Konsep pendidikan Multikultural sebagai median transformasi pendidikan nasionala. Untuk mengetahui pengertian pendidikan multikultural dan peranannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multicultural Education And National Education Transformation |
Subjects: | Pendidikan > Sosiologi Pendidikan: aspek sosial dalam pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 10 Mar 2017 03:31 |
Last Modified: | 10 Mar 2017 03:31 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1275 |
Actions (login required)
View Item |