URGENSI PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL BERWAWASAN LINGKUNGAN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN PRIBADI MANUSIA YANG BERKARAKTER

Taufik Muhtarom, Universitas PGRI Yogyakarta (2016) URGENSI PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL BERWAWASAN LINGKUNGAN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN PRIBADI MANUSIA YANG BERKARAKTER. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
32. Taufik Muhtarom.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dalam dunia pendidikan harus senantiasa dikaitkan dengan konteks lingkungan kedaerahan dan kearifan lokal setempat dimana pendidikan tersebut diberikan. Hal ini penting dilakukan sebagai upaya ‘membumikan’ ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa sebagai bagian dari produk pendidikan agar kelak berguna dan memberikan manfaat langsung kepada lingkungan sekitar. Pendidikan di era modern yang seolah menjauhkan diri dari konteks lokal dikhawatirkan hanya akan menghasilkan pribadi-pribadi yang semakin tak acuh terhadap kehidupan alam sekitar. Kurikulum pendidikan sekolah dasar sebagai pondasi utama proses pembelajaran perlu dikembalikan kepada konteks-konteks lokal kedaerahan dalam segi penyusunan butir butir kompetensi yang diharapkan. Tak cukup hal itu, tentu pengembangan kurikulum juga perlu memperhatikan lingkungan alam dalam konteks keselarasan dengan lingkungan alam, dalam artian pendidikan perlu membentuk pribadi yang cinta, peduli dan mau menghargai alam. Pendidikan yang berusaha diarahkan kembali ke konteks lingkungan dan kearifan lokal akan membentuk entitas pribadi siswa yang berkarakter serta memiliki keunggulan lokal yang diharapkan akan memberikan kontribusi kepada keunggulan nasional bahkan internasional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: kurikulum SD, kearifan lokal, wawasan lingkungan, karakter
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:42
Last Modified: 09 Mar 2017 03:42
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item