PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL (KEBUDAYAAN SUKU LIO) PADA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN ENDE NTT

Siprianus See, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Flores (2016) PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL (KEBUDAYAAN SUKU LIO) PADA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN ENDE NTT. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
15. Siprianus See.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada tingkat SD bertujuan untuk menanamkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik sejak dini untuk ikut terlibat dalam upaya menjaga dan melestarikan budaya daerah dan budaya bangsa sebagai kekayaan bangsa Indonesia yang sangat bernilai. Pembelajaran IPS merupakan salah satu sarana atau media yang tepat untuk menyalurkan konsep-konsep dan pengalaman tentang kebudayaan suku Lio khusunya dan suku pada daerah lain umumnya, karena tujuan dan ruang lingkup materi pembelajaran IPS sangat relevan dengan upaya untuk untuk menanamkan konsep dan pengalaman tentang kebudayan kepada peserta didik. Oleh sebab itu guru-guru pada tingkat SD dapat menerapkan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal bagi peserta didik pada budaya masing-masing, sehingga ikut berperan dalam upaya memelihara kebudayaan Bangsa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 09 Mar 2017 02:52
Last Modified: 09 Mar 2017 02:52
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item View Item