PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA:PENDIDIKAN, PEMBELAJARAN, DAN BUDI PEKERTI

Ki Sugeng Subagya, Anggota Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa (2016) PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA:PENDIDIKAN, PEMBELAJARAN, DAN BUDI PEKERTI. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. KI SUGENG SUBAGYA.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Salah satu keistimewaan pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta ialah pendidikan berbasis budaya lokal yang digali dari nilai-nilai luhur budaya baik dalam representasi historis, ideologis, dan filosofis. Pendidikan dibangun dalam rangka sistem pendidikan nasional dalam konteks hamemayu hayuning bawana. Dari Yogyakarta menyejah-terakan dunia. Pendidikan berbasis budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta terimple-mentasi melalui pembelajaran berbasis budaya untuk pembentukan budi pekerti anak didik. Pendidikan berbasis budaya mengandung pengertian bahwa pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan berdasarkan sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya. Dalam pembelajaran berbasis budaya dilaksanakan dalam rangka budaya sebagai isi pembelajaran, budaya sebagai metode pembelajaran, dan budaya sebagi konteks manajemen pendidikan. Dalam rangka pembentukan budi pekerti luhur pendidikan berbasis budaya mewujudkan sekolah sebagai lembaga untuk membangun anak didik berbudi pekerti luhur, berbudaya, dan selalu tanggap perkembangan global tanpa meninggalkan budaya lokal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: keistimewaan, pendidikan, pembelajaran, berbasis budaya, budi pekerti.
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 24 Feb 2017 04:04
Last Modified: 24 Feb 2017 04:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item