PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS KARTINI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN

Quin Dewi Sartika, 12144600064 (2016) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS KARTINI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN. PGSD, Universitas PGSD Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus 2016 di seluruh SD se-gugus Kartini Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD se-gugus Kartini yang berjumlah 137 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 103 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Kesahihan dan kepercayaan instrument penelitian ini diperoleh validitas dan reliabilitas yang dihitung menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS dengan menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada dukungan orang tua termasuk pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 34%, motivasi belajar termasuk pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 26,2%, prestasi belajar termasuk pada kategori sedang dengan persentase sebesar 6,8%, dan pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua terhadap prestasi belajar, yang ditunjukkan dengan = 3,012 dengan p = 0,003, = 1,984, maka > dan p < 0,05. Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD se-gugus Kartini Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen, yang ditunjukkan dengan = 2,579 dengan p = 0,011, = 1,984, maka > dan p < 0,05. Ada pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS, yang ditunjukkan dengan = 23,031 dengan p = 0,000, = 3,087, dimana > , p < 0,05. Jadi dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: dukungan orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar IPS
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kemauan: motivasi, brainwashing, persuasi
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:37
Last Modified: 07 Dec 2016 02:37
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1199

Actions (login required)

View Item View Item