UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD N NGENTAKREJO LENDAH KULON PROGO

Tri Setyaningsih, 12144600152 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD N NGENTAKREJO LENDAH KULON PROGO. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TRI SETYANINGSIH.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter dan prestasi belajar matematika. Sebelum pembelajaran kontekstual dilaksanakan nilai ratarata karakter siswa yaitu 66,43, pada siklus I nilai rata-rata karakter yang diperoleh meningkat menjadi 77,847, pada siklus II mengalami peningkatan lagi sehingga nilai rata-rata karakter yang diperoleh siswa menjadi 89,90. Persentase sswa yang mencapai nilai karakter dalam kategori baik pada pra siklus sebesar 42,10%, pada siklus I meningkat menjadi 63,15%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,94%. Sebelum pembelajaran kontekstual dilaksanakan nilai ratarata ulangan siswa yaitu 66,68, pada siklus I nilai rata-rata ulangan yang diperoleh meningkat menjadi 74,21, pada siklus II mengalami peningkatan lagi sehingga nilai rata-rata ulangan yang diperoleh siswa menjadi 79,73. Persentase sswa yang mencapai KKM pada pra siklus sebesar 42,10%, pada siklus I meningkat menjadi 73,68%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan karakter dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter, Prestasi, Matematika, Kontekstual
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 02 Nov 2016 03:24
Last Modified: 02 Nov 2016 03:24
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item