Tri Setyaningsih, 12144600152 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD N NGENTAKREJO LENDAH KULON PROGO. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL TRI SETYANINGSIH.pdf Download (140kB) | Preview |
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter dan prestasi belajar matematika. Sebelum pembelajaran kontekstual dilaksanakan nilai ratarata karakter siswa yaitu 66,43, pada siklus I nilai rata-rata karakter yang diperoleh meningkat menjadi 77,847, pada siklus II mengalami peningkatan lagi sehingga nilai rata-rata karakter yang diperoleh siswa menjadi 89,90. Persentase sswa yang mencapai nilai karakter dalam kategori baik pada pra siklus sebesar 42,10%, pada siklus I meningkat menjadi 63,15%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,94%. Sebelum pembelajaran kontekstual dilaksanakan nilai ratarata ulangan siswa yaitu 66,68, pada siklus I nilai rata-rata ulangan yang diperoleh meningkat menjadi 74,21, pada siklus II mengalami peningkatan lagi sehingga nilai rata-rata ulangan yang diperoleh siswa menjadi 79,73. Persentase sswa yang mencapai KKM pada pra siklus sebesar 42,10%, pada siklus I meningkat menjadi 73,68%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan karakter dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Prestasi, Matematika, Kontekstual |
Subjects: | Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 03:24 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 03:24 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1176 |
Actions (login required)
View Item |