PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE GUGUS SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

IKA PURWATI, 12144600199 (2016) PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE GUGUS SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14-22 Juni 2016 di SD Se Gugus sukoharjo ngaglik sleman. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Se Gugus sukoharjo ngaglik sleman sebanyak 130 guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan Tabel Issac & Michael diperoleh sampel sebanyak 95 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripstif kuantitatif. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi liner berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Persentase gaya mengajar kelas IV SD Se Gugus Sukoharjo Ngaglik Sleman meliputi persentase gaya mengajar klasik 23,1%, gaya mengajar teknologis 25,6%, gaya mengajar personalisasi 26,44%, gaya mengajar interaksional 24,86%; (2) Pengelolaan kelas di kelas IV SD se Gugus Sukoharjo Ngaglik Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 54,74% dengan rerata 82,7474; (3) Prestasi belajar kelas IV SD Se Gugus Sukoharjo Ngaglik Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 43,2% dengan rerata 69,3768; (4) Terdapat pengaruh signifikan gaya mengajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan t hitung > t tabel (3,283 > 1,986) dan ditunjukkan oleh nilai signifikansi < 0,05, nilai signifikansi yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,001; (5) Terdapat pengaruh signifikan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan t hitung > t tabel (2,687 > 1,986), dan ditunjukkan oleh nilai signifikansi < 0,05, nilai signifikansi yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,009; (6) Terdapat pengaruh signifikan gaya mengajar dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan f hitung > f tabel (11,198 > 3,10), dan ditunjukkan oleh nilai signifikansi < 0,05, nilai signifikansi yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,009.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya mengajar, Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:37
Last Modified: 28 Oct 2016 02:37
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item View Item