Yeni Paraswati, 12144200018 (2016) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Prodi. Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bimbingan belajar dengan konsentrasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kasihan, Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kasihan, Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 136 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 54 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan bimbingan belajar dengan konsentrasi belajar Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kasihan, Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,507 dan p = 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin efektif pemberian bimbingan belajar kepada siswa maka semakin tinggi konsentrasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang efektif pemberian bimbingan belajar maka semakin rendah konsentrasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun bimbingan belajar dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Peran penting bimbingan belajar dalam upaya mewujudkan konsentrasi belajar siswa yang tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan belajar, konsentrasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 02:30 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 02:30 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1165 |
Actions (login required)
View Item |