HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

IRUWANTI, 12144200005 (2016) HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Prodi. Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan bimbingan belajar dengan minat belajar siswa, (2) hubungan antara pola asuh dengan minat belajar siswa, (3) hubungan antara layanan bimbingan belajar dan pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Bantul Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Bantul Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 213 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling yakni sejumlah 75 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif antara layanan bimbingan belajar dengan minat belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,653 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik dan efektif pelaksanaan layanan bimbingan belajar diberikan terhadap siswa, maka semakin tinggi minat belajar siswa, (2) Ada hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,721 dengan p = 0,001 < 0,05, yang berarti semakin baik pola asuh orang tua pada siswa maka minat belajar siswa akan meningkat, (3) Ada hubungan positif antara layanan bimbingan belajar dan pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 60,176 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik dan efektif pelaksanaan layanan bimbingan belajar dan semakin baik pola asuh orang tua terhadap siswa maka minat belajar siswa akan semakin meningkat. Implikasi dalam penelitian ini, sekolah khusus guru bimbingan konseling memiliki peran penting dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar secara efektif dalam pemahaman pola asuh orang tua terhadap siswa yang positif sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan tercapai tujuan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan belajar, pola asuh orang tua, minat belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 20 Oct 2016 02:21
Last Modified: 20 Oct 2016 02:21
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item