HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DAN LAYANAN BIMNBINGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TARI SMK 1 KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

ROF’IN, 12144200166 (2016) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DAN LAYANAN BIMNBINGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TARI SMK 1 KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Prodi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan bimbingan orang tua dengan motivasi belajar siswa (2) hubungan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa (3) hubungan antara bimbingan orang tua dan layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XI Tari SMK 1 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tari SMK 1 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 87 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling sejumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas logis. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi produk moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan bimbingan orang tua dengan motivasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,530 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti ada semakin baik bimbingan orang tua terhadap siswa maka motivasi belajar siswa akan semakin tinggi, (2) Ada hubungan layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,547 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti semakin efektif pemberian layanan bimbingan belajar pada siswa maka motivasi belajar siswa akan semakin tinggi, (3) Ada hubungan positif antara bimbingan orang tua dan layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XI Tari SMK 1 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung 17,165 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya ada hubungan positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dan layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini, sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang mendukung proses layanan bimbingan belajar dan dukungan dari orang tua siswa yang dapat menumbuhkan semangat belajar siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bimbingan orang tua, layanan bimbingan belajar, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:17
Last Modified: 13 Oct 2016 04:17
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item View Item