Margareta Indrasari, 12144200057 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN PERSAHABATAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Prodi. Bimbingan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (248kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan layanan bimbingan sosial dengan kemandirian siswa (2) hubungan persahabatan teman sebaya dengan kemandirian siswa (3) hubungan layanan bimbingan sosial dan persahabatan teman sebaya dengan kemandirian siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ngemplak Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ngemplak Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 188 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling sejumlah 94 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan layanan bimbingan sosial dengan kemandirian siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,487 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti ada semakin efektif pelaksanaan layanan bimbingan sosial pada siswa maka kemandirian siswa akan semakin baik, (2) Ada hubungan antara persahabatan teman sebaya dengan kemandirian siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,546 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik persahabatan teman sebaya pada siswa maka kemandirian siswa akan semakin baik, (3) Ada hubungan positif antara layanan bimbingan sosial dan persahabatan teman sebaya dengan kemandirian siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ngemplak Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung 29,115 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya ada hubungan positif dan signifikan antara layanan bimbingan sosial dan persahabatan teman sebaya dengan kemandirian siswa. Implikasi dalam penelitian ini, sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang mendukung pelaksanaan layanan bimbingan sosial tentang pemahaman persahabatan teman sebaya dan kemandirian siswa yang baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan sosial, persahabatan teman sebaya, kemandirian siswa |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Psikologi Konseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 03:16 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 03:18 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1136 |
Actions (login required)
View Item |