HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Haryadi, 12144200152 (2016) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (968kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bimbingan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Prambanan Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Prambanan Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 126 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil seluruh populasi sebesar 60 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar dengan presasi belajar siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Prambanan Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan diketahui nilai r sebesar 0,488 dengan p = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin efektif pemberian bimbingan belajar maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang efektif pemberian bimbingan belajar maka semakin rendah prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan program bimbingan belajar yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang belajar yang bersifat baik sehingga prestasi belajar siswa tercapai lebih baik. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan dan konseling mampu meningkatkan layanan bimbingan belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 Sep 2016 03:24
Last Modified: 02 Sep 2016 03:24
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item