HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN AKTIVITAS SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2015/ 2016

DEWI UTAMI, 1124420001 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN AKTIVITAS SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1 COVER, HALAMAN, SAMPUL, PERSETUJUAN, DAFTAR ISI, BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN 2 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
DOKUMEN 3 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
DOKUMEN 4 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN 5 BAB V, DAFTAR PUSTAKA, DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan bimbingan sosial dengan aktivitas sosial siswa, (2) hubungan antara antara komunikasi interpersonal dengan aktivitas sosial siswa, (3) hubungan antara antara layanan bimbingan sosial dan komunikasi interpersonal dengan aktivitas sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banguntapan tahun ajaran 2015/ 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Banguntapan tahun ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 107 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling sejumlah 53 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif antara layanan bimbingan sosial dengan aktivitas sosial siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan nilai rx1y = 0,575 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin efektif layanan bimbingan sosial, maka aktivitas sosial pada siswa akan semakin baik, (2) Ada hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan aktivitas sosial siswa dengan mengetahui hasil perhitungan nilai rx2y = 0,544 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik komunikasi interpersonal maka semakin baik aktivitas sosial pada siswa, (3) Ada hubungan positif antara layanan bimbingan sosial dan komunikasi interpersonal dengan aktivitas sosial siswa dengan mengetahui hasil perhitungan nilai Fhitung = 19,083 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin efektif layanan bimbingan sosial dan semakin baik komunikasi interpersonal siswa maka semakin baik pula aktivitas sosial siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa layanan bimbingan sosial dan komunikasi interpersonal yang baik pada siswa mempunyai peran penting bagi peningkatan aktivitas sosial pada siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui kegiatan yang mendukung terlaksananya layanan bimbingan sosial yang efektif serta terciptanya komunikasi interpersonal yang baik sehingga terbentuk aktivitas sosial yang baik pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan sosial, komunikasi interpersonal, aktivitas sosial
Subjects: Psikologi > Psikologi Terapan > Hubungan Antar Individu
Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri
Sosial > Komunikasi, media masa, semiotik
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 01 Sep 2016 06:12
Last Modified: 01 Sep 2016 06:12
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1070

Actions (login required)

View Item View Item