IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA LOKAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI KREBET TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Oktarina Indrawati, 12144600010 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA LOKAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI KREBET TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
Dokumen BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB VI dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesiapan guru dalam mengimplementasikan pendidikan berbasis budaya lokal di SD Negeri Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta, Tahun Pelajaran 2015-2016, (2) mengetahui kesiapan sarana dan prasarana dalam implementasi pendidikan berbasis budaya lokal, (3) mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pendidikan berbasis budaya lokal, dan (4) mengetahui solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pendidikan berbasis budaya lokal. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Krebet mulai bulan Mei 2016 sampai bulan Juni 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru, karyawan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) guru SD Negeri Krebet telah siap mengimplementasikan pendidikan berbasis budaya lokal baik secara administrasi dan secara mental, (2) sarana dan prasarana di SD Negeri Krebet untuk mengimplementasikan pendidikan berbasis budaya cukup siap dan memadai, (3) kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendidikan berbasis budaya lokal di SD Negeri Krebet yaitu hasil dari penanaman nilai-nilai yang tidak secara cepat dapat terlihat dan perbedaan karakter setiap peserta didik, (4) solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan berbasis budaya lokal terkait hasil penanaman nilai-nilai luhur yang tidak secara cepat terlihat ialah bersikap sabar, disiplin, semangat, pantang menyerah, selalu berkoordinasi dengan atasan maupun teman sejawat, secara terus menerus menjalankan kebijakan yang telah menjadi kesepakatan bersama dan melakukan pendekatan yang sesuai dengan karakater setiap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan, Budaya Lokal, Sekolah Dasar
Subjects: Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 01 Sep 2016 03:57
Last Modified: 01 Sep 2016 03:57
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item