Filsafat Ilmu dalam Pendidikan Islam

Usman SS, Dkk., UPY and arip febrianto, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (2014) Filsafat Ilmu dalam Pendidikan Islam. UPY Press.

[img] Text
Filsafat-ilmu-dalam-pendidikan-islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Islam memberikan perspektif yang luas dan komprehensif tentang manusia dan hubungannya dalam pendidikan. Dalam perspektif Islam, filsafat pendidikan menekankan betapa pentingnya pendidikan sebagai cara untuk membangun individu yang bijaksana, berpengetahuan, dan aktif dalam lingkungan sosial dan kulturalnya. Pandangan ini berasal dari ajaran Islam, yang menggabungkan aspek spiritual, moral, intelektual, dan sosial. Pendidikan Islam tidak hanya mengajar, tetapi juga membangun karakter dan kepribadian yang kuat. Dalam pandangan Islam, konsep manusia berarti bahwa setiap orang memiliki potensi untuk dididik dan dididik secara unik, dan bahwa setiap orang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan amanah Allah Subhanahu Wa Ta‘ala. Pendidikan Islam tidak hanya berfokus pada pengembangan individu, tetapi juga pada peran manusia dalam masyarakat yang beradab dan berkeadilan. Filsafat pendidikan Islam adalah studi tentang pemikiran filosofis tentang sistem dan aliran filsafat Islam tentang masalah-masalah pendidikan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pendidikan. Filsafat pendidikan Islam juga membahas tujuan, metode, dan prinsip- prinsip yang mendasari pendidikan dari perspektif Islam.

Item Type: Book
Subjects: Agama > Agama Islam
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 02 Jul 2024 05:40
Last Modified: 02 Jul 2024 05:40
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/10553

Actions (login required)

View Item View Item