PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS PEACE EDUCATION MELALUI RELASI ANTAR ETNIK UNTUK MENANAMKAN KARAKTER TOLERANSI DAN DEMOKRATIS SISWA SMPN 28 KOTA PONTIANAK

Paiman, Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, UPY (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS PEACE EDUCATION MELALUI RELASI ANTAR ETNIK UNTUK MENANAMKAN KARAKTER TOLERANSI DAN DEMOKRATIS SISWA SMPN 28 KOTA PONTIANAK. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT IKIP-PGRI PONTIANAK.

[img] Text
LAPORAN-PENELITIAN-TERAPAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang bersifat multi etnik yang rawan akan konflik horizontal. Pada lingkungan sekolah dalam pergaulan para siswanya masih ditemukan steriotif negative terhadap etnik dan agama tertentu. Untuk itu perlu diterapkan sebuah pembelajaran terutama pembelajaran IPS yang berbasis peace education untuk menanamkan nilai-nilai toleransi dan demokrasi pada siswa sehingga tercipta integrase. Dengan adanya pembelajaran IPS berbasis peace education,perbedaan bukan lagi menjadi konflik tetapi akan menjadi asset bangsa. Peace education diformulasikan untuk menjadikan peserta didik menyadari dan memahami konsekuensi dan akar konflik tertentu dan apa alternative yang mungkin dapat dilakukan. dalam kurikulum di sekolah. Untuk itu tujuan penelitian ini pengembangan pembelajaran IPS berbasis peace education untuk menanamkan karakter toleransi dan demokratis siswa SMP N 3 Sungai Ambawang. Pertanyaan penelitian adalah sebagai berikut. 1. Apakah pembelajaran peace education melalui relasi antar etnik? 2. Bagaimanakan implementasi peace education dalam pembelajaran IPS? 3. Bagaimanakah menginternalisasi nilai toleransi dan demokrasi dalam pembelajaran IPS berbasis peace education? Metode penelitian yang digunakan penelitian research and development (R&D) dengan populasinya guru IPS dan siswa SMP N 3 Sungai Ambawang. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, yakni pemilihan sampel dengan mengambil perwakilan sekolah negeri dan swasta. Lokasi peneliti penelitian ini di sekolah SMP N 3 Sungai Ambawang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi, (2) wawancara, (3) angket, dan (4) tes kompetens. Teknik analisis data: hasil tanggapan dan saran dari ahli materi, ahli desain pembelajaran, guru dan siswa diolah dan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan modifikasi skala likert. Hasil tes atau uji efektifitas dengan uji t yang menghasilkan data kuantitatif diolah dan dianalisis secara kuantitatif. Riset ini merupakan bagian RENTRA penelitian dengan topik “ Pengembangan Subjek specific pedagogy berbasis karakter” . Kontribusi yang diharapkan dari penelitian ini terutama pada bidang Ilmu Pendidikan Sosial, yaitu memberikan model pembelajaran IPS berbasis peace education dalam menanamkan nilai toleransi dan demokrasi. Produk ilmiah yang dihasilkan akan dimuat atau dipublikasikan nasional. produk ilmiah yang dihasilkan juga dimuat atau dipublikasikan di jurnal terakreditas sinta 3 yaitu Refleksi Edukatika di https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/index. Luaran lainnya yang dihasilkan riset ini adalah modul dan perangklat pembelajaran IPS berbasis peace education Kata Kunci: IPS, Peace education, toleransi & demokrasi.

Item Type: Article
Subjects: Sosial
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 20 May 2024 01:27
Last Modified: 20 May 2024 01:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/10392

Actions (login required)

View Item View Item