HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGELOLAAN EMOSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

RIZKY RAHMATYANTI PUTRI, 12144200043 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGELOLAAN EMOSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1 hal judul dan bab 1.pdf

Download (972kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
Dokumen BAB III NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V Dan Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 11 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 11 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 sejumlah 168 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 84 siswa dengan menggunakan teknik quota cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan kemampuan pengelolaan emosi dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 11 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,661 lebih besar dari rtabel 0,215 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin baik tingkat kemampuan pengelolaan emosi maka semakin baik motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang kemampuan pengelolaan emosi maka semakin kurang motivasi belajar siswa. Dengan arti lain bahwa baik buruknya motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh baik kurangnya kemampuan pengelolaan emosi terhadap siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun layanannya dalam upaya meningkatkan kemampuan pengelolaan emosi dan motivasi belajar yang baik dalam pergaulan sosial di sekolah maupun masyarakat. Peran penting layanan bimbingan dan konseling dalam mewujudkan kemampuan pengelolaan emosi dan dapat meningkatkan motivasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pengelolaan emosi , motivasi belajar
Subjects: Psikologi > Psikologi Fisiologis > Emosi dan Perasaan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:41
Last Modified: 31 Aug 2016 04:41
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item View Item